Kamis, 09 Mei 2013

Mancing ke Kali Mati Yuukk...

Foto Kali Mati
Foto Hasil mancing dikali mati
Pada suatu hari ketika lagi dikost dan nggak ada jadwal kuliah aku diajak teman ku jalan-jalan, aku dengan dia kuliah di Solo disalah satu perguruan tinggi, katanya dari pada dikost mendingan kita jalan-jalan ya sambil refresing biar nggak stres, Hehehe. terus aku bertanya kepada dia. Kamu mau ajak aku kemana? Mancing yuk, jawabnya seperti itu, karena penasaran aku bertanya lagi, mancing dimana? Kita mancing ke Kali Mati jawab dia. Jadi tambah penasaran lagi, Kali Mati itu didaerah mana? Mau tau aja apa mau tau banget, jawab dia, aku pun tersenyum, pokoknya kamu ikut aja entar juga tau katanya. Akhirnya aku memutuskan untuk ikut dengan dia, seperti apa yang telah dikatakan teman ku tadi "dari pada dikost" mendingan pergi mancing aja didalam benak ku. Setelah mempersiapkan perlengkapan berbagai keperluan memancing, kami pun berangkat, sebenarnya lagi kanker alias kantong kering, bahasa gaul gitu, hehehe. Tapi apa mau dikata dibawa happy fun aja kata teman. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit akhirnya sampai juga di Desa Parangjoro, Sonorejo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Ya maklum lah anak perantau jadi nggak terlalu banyak ngerti, hehehe. Kali mati ini meru

Pasang umpan dulu
pakan bagian dari sungai bengawan solo, dulunya.
 Setelah Bengawan Solo diluruskan di
lokasi ini, meninggalkan bekas, yang
disebut kali mati.
Sungai sepanjang lebih dari satu kilometer ini sekarang dipenuhi
karamba. Karamba tersebut sebagian
besar diisi dengan ikan nila. Ikan yang
ditebar jumlahnya dalam setahun bisa mencapai ratusan ribu ekor. Saat air meninggi karena curah hujan
tinggi, sebagian ikan itu meloncat dari
karamba. Juga pada saat karamba -
karamba itu dipanen, beberapa ekor
dari dalam karamba, lepas ke
''perairan bebas''. Ikan-ikan itulah yang beranak pinak
akhirnya 
Kali Mati
di luar karamba. Ikan-ikan itulah yang
menjadi sasaran pemancing atau pun penjala. Ternyata tempatnya asyik juga, ya walaupun baru pertama kali kesana tapi sudah membuat ku terkesan. Yang paling penting ialah kita jangan sampai merusak ekosistem alam dan makhluk hidup yang ada didalamnya dan tetap menjaga kelestariannya.
keramba di kali mati


keramba di kali mati






1 komentar: